Selasa, 27 November 2007

Misi pencarian data




Perjalanan ke kelenteng Dewi Samudera :

pada tanggal 1 november 2007 kita sekelompok pergi mengunjungi klenteng Dewi Samudera di jalan Bandengan Selatan no 38. Pertama kali kita menemui salah seorang pengurus klenteng dan kita tidak diperbolehkan untuk photo2, tapi pada akhirnya dengan mulut manis kami berhasil membujuk penanggung jawab untuk diwawancara. Setelah mengadakan wawancara kami diperbolehkan untuk mengambil beberapa photo dan itu juga harus di daerah halaman klenteng, bukan di dalamnya karena ada pantangan untuk mengambil photo didalam tempat sembahyang. alasan kelompok kami mengunjungi klenteng adalah mencari referensi sehubungan dengan elemen utama pada kemasan yang kami bahas yaitu enting-enting gepuk cap klenteng dan 2 hoolo.

Dari wawancara kami mendapat berbagai data sebagai berikut mengenai klenteng ini :

- Klenteng Dewi Samudera ini sudah berumur kurang lebih 300 tahun .

- Klenteng ini menjadi 5 besar klenteng yang berumur paling tua di seluruh Jakarta.

- Dewi Samudera menjadi Dewi utama yang disembah. Dewi Samudera adalah dewi yang berdiam dan menguasai lautan.

- Klenteng ini digunakan sebagai tempat sembahyang, dan segala bentuk kegiatan di luar kepentingan sembahyang tidak diperkenankan.

- Pelestarian klenteng diperoleh dari sumbangan orang-orang yang datang berkunjung, tidak ada badan khusus yang mendanai.

- Klenteng ini pada awalnya adalah tempat yang didirikan bersama sebagai keperluan berkumpul.

- Selain Dewi Samudera sebagai Dewi utama, ada juga Dewa-Dewa pendamping lainnya seperti Dewi Kwan Im, Dewa Kuan Kong dan lain-lain.

Nah itu adalah semua data yang kami dapat dari hasil wawancara dengan penganggung jawab klenteng, kami juga menanyakan beberapa hal tentang ornamen dan corak yang ada di dalam klenteng itu tapi penanggung jawab sendiri juga kurang mengerti akan makna ornamen dan corak tersebut. Setelah selesai wawancara kami mengambil beberapa photo untuk dijadikan kenangan, serta kami menyumbang sedekah sebagai rasa terima kasih karena diperbolehkan untuk berkunjung.

Tidak ada komentar: